Faktor pendorong perdagangan antar pulau

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor pendorong perdagangan antar pulau

Ada beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan antar pulau, diantaranya :

1. Faktor perbedaan hasil produksi.

Hasil produksi sangat erat kaitannya dengan faktor pendorong terjadinya perdagangan antar pulau. Faktor ini terjadi karena hasil produksi suatu pulau berbeda dengan pulau lainnya. Semisal saja pulau NTB kaya akan produksi beras, sedangkan pulau NTT kaya akan produksi jagung. Perbedaan produksi ini akan mendorong terjadinya perdagangan antar pulau sehingga kekurangan kebutuhan setiap pulau dapat terpenuhi dengan mendatangkan suatu produksi dari pulau lain.

2. Faktor perbedaan harga barang.

Perbedaan faktor alam, teknologi yang digunakan, serta kualitas produksi menyebabkan harga suatu komoditi yang sama dapat berbeda-beda disetiap pulaunya. Untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin, tentu para pelaku kegiatan ekonomi akan mencari barang dengan harga serendah mungkin untuk mendapatkan keuntungan setinggi mungkin. Hal inilah mengapa perbedaan harga barang dapat menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan antar pulau.

3. Faktor keinginan untuk meningkatkan produktivitasnya.

Untuk meningkatkan produktivitas kegiatan ekonominya, tak jarang para pelaku kegiatan ekonomi menggunakan teknologi maupun bahan yang didatangkan dari luar daerah. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pelaku ekonomi mencapai targetnya, baik dari segi kualitas, kuantitas, dan harga komoditi yang ia produksi.

══════ ༻❀○❁○❀༺ ══════

Semoga bermanfaat^^

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor pendorong perdagangan antar pulau Semoga Bermanfaat.

Baca Juga  Sebutkan saluran saluran mobilitas sosial