Akibat utama erosi tanah adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Akibat utama erosi tanah adalah

Akibat utama erosi tanah adalah hilangnya lapisan tanah teratas, sehingga mengganggu organisme tanah (C). Erosi tanah disebabkan karena arus aliran air yang deras. Derasnya aliran air tersebut karena air tidak masuk ke dalam tanah. Hal tersebut disebabkan berkurangnya tumbuhan pada tempat tersebut. Maka peran tumbuhan di lereng pegunungan sangat penting untuk mencegah erosi.

Pembahasan

Tumbuhan merupakan organisme yang mampu membentuk makanan sendiri (autotrof) karena memiliki klorofil dimana organisme lain tidak ada. Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan tersusun atas organ yaitu akar, batang, daun, bunga dan buah.

Tumbuhan memiliki manfaat bagi kehidupan antara lain:

1. Sebagai penyedia energi (sumber makanan) makhluk hidup.

2. Sebagai tempat berlindung bagi makhkuk hidup seperti burung.

3. Penghasil oksigen yang berguna bagi makhluk hidup untuk bernafas.

4. Mencegah terjadinya erosi tanah mapa daerah pegunungan.

5. Mencegah terjadinya abrasi (pengikisa  tanah) pada daerah pantai.

6. Sebagai bahan baku kertas, furniture, bahan bangunan atau bahan bakar.

7. Sebagai bahan baku obat-obat alami.

Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari batang, umumnya berwarna hijau (mengandung klorofil) dan terutama berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari melalui fotosintesis.

Fungsi daun adalah sebagai berikut:

1. Tempat terjadinya fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari. Salah satu proses Fotosintesis tumbuhan terjadinya pada daun.

2. Sebagai organ pernapasan atau respirasi.

Pada daun terdapat stomata atau mulut daun dimana merupakan saluran pernafasan tempat daun menghirup oksigen dari udara dan membuang karbondioksida ke udara.

Baca Juga  Contoh karya ilmiah semi formal

3. Tempat terjadinya transpirasi.

Transpirasi adalah proses penguapan air dari tumbuhan hasil respirasi. Proses transpirasi tumbuhan terjadi melalui stomata atau mulut daun yang terdapat pada permukaan daun, terutama pada permukaan daun bagian bawah.

4. Tempat terjadinya gutasi.

Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk tetes-tetes air dari jaringan daun. Gutasi terjadi saat kondisi penyerapan air tinggi namun laju transpirasi rendah ataupun saat kelembaban udara tinggi sehingga penguapan air sulit terjadi. Gutasi biasanya terjadi pada malam hari dimana tetesan air yang terkumpul di daun akibat gutasi biasanya di anggap sebagai embun.

5. Alat reproduksi vegetatif.

Daun juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Contoh yang paling mudah adalah pada perkembang biakan daun cocor bebek dan tanaman akasia.

Akar adalah bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah dan berbentuk meruncing sehingga lebih mudah menembus tanah. Akar berasal dari akar lembaga atau radikula yang terdapat pada biji tumbuhan. Akar tumbuh dari meristem apikal ujung akar yang dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra. Fungsi tudung akar yaitu untuk melindungi ujung akar pada saat menembus tanah.

Fungsi akar antara lain:

  • Memperkuat tubuh tumbuhan pada tanah.
  • Menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi akar seperti pada wortel.
  • Menyerap air dan garam-garam mineral terlarut yang dibantu oleh raambut akar.
  • Sebagai alat pernapasan seperti pada beringin dan bakau.

Batang merupakan bagian tumbuhan untuk menegakkan tubuh tumbuhan. Pada batang tanaman dikotil umumnya dapat tumbuh membesar karena aktivitas kambium. Secara fisiologis batang tanaman berfungsi menyalurkan air dan hara dari tanah menuju daun, dan mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.

Batang tanaman berfungsi juga untuk menyimpan cadangan makanan dalam bentuk tepung maupun gula seperti pada pohon sagu, tebu, jahe-jahean dan kentang. Selain berfungsi menyimpan cadangan makanan, bagian batang juga bermanfaat bagi kehidupan manusia antara lain:

Baca Juga  Nabi harun adalah kakak nabi

  • Bahan baku bangunan sepeti kayu untuk membuat atap rumah.
  • Bahan baku furniture seperti meja, kursi dan lemari.
  • Bahan pembuatan korek api yang memanfaatkan kayu pohon Pinus.
  • Bahan obat-obatan seperti pada tanaman jahe, kencur, temulawak.

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan

Kode: 11.4.2

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Akibat utama erosi tanah adalah Semoga Membantu.