Apa yang dimaksud dengan ovipar

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Apa yang dimaksud dengan ovipar

  1. Ovipar: Cara perkembangbiakan hewan dengan bertelur dan embrio tidak mengalami pertumbuhan dalam tubuh induk betina. Misalnya adalah pada ayam dan katak.
  2. Vivipar: Cara perkembangbiakan hewan dengan melahirkan anakan yang sudah mengalami pertumbuhan  dan embrio tidak mengalami pertumbuhan dalam tubuh induk betina. Misalnya adalah pada kebanyakan hewan mamalia seperti sapi dan kuda.
  3. Ovovivipar: Cara perkembangbiakan hewan  di mana embrionya berkembang di dalam telur, tetapi telur tetap berada di dalam tubuh induknya sampai telur menetas. Misalnya adalah pada ikan hiu.

Pembahasan:

Ovipar, vivipar dan ovovivipar adalah tiga cara berkembang biak pada hewan, dengan cara perkembangan embrio setelah dibuahi yang berbeda.

Ovipar adalah cara reproduksi dengan embrio yang berkembang di dalam telur. Telur ini dibuahi kemudian berkembang dengan cangkang pelindung dan tumbuh hingga menetas di luar tubuh induk.  

Hewan ovipar adalah ikan (Pisces), amfibi dan reptil, burung (Aves) dan mamalia dari jenis Monotremata (seperti platypus).

Vivipar adalah cara reproduksi dengan embrio yang berkembang di dalam tubuh induk, hingga siap lahir dalam keadaan hidup. Embrio mendapat makanan atau nutrisi dari induk melalui plasenta.  

Hewan vivipar adalah sebagian besar mamalia (hewan menyusui) seperti sapi, kuda, singa, trenggiling, kelelawar, termasuk mamalia yang hidup di air seperti dugong, paus dan singa laut.

Ovovivipar adalah cara reproduksi pada hewan di mana embrio yang berkembang di dalam telur, dan telur ini tetap berada dalam tubuh induk sampai siap untuk menetas. Metode ini mirip dengan vivipar, tetapi embrio menerima makanan mereka dari kantung kuning telur dan tidak memiliki hubungan plasenta dengan induk.

Baca Juga  Fungsi gerakan ayunan lengan saat melakukan jalan cepat adalah

Hewan ovovivipar termasuk kadal, buaya dan ular serta beberapa jenis ikan seperti kuda laut dan ikan hiu.

—————————————————————————-

Detail jawaban:

Kode: 7.4.2

Kelas: VII

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Bab 2 – Ciri Makhluk Hidup

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Apa yang dimaksud dengan ovipar Semoga Membantu.