Contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari hari

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari hari

Jawaban:

No 1

1. Mengatakan alasan yang sebenarnya jika terlambat masuk kelas

2. Membayar jumlah uang sesuai dengan yang dibeli saat jajan

3. Mengembalikan kelebihan uang kembalian saat jajan

4. Menepati janji dengan teman

5. Tidak mencontek saat ulangan

No 2

Hikmah dari perilaku jujur, diantaranya:

1. Dipercara banyak orang,

2. Memiliki banyak teman

3. Hidup tentram

No 3

Jujur dalam perbuatan atau jujur dalam tekad dan amal berarti melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diridhai oleh Allah Swt dan melaksanakannya secara berkelanjutan.

No 4

1. Surat At-Taubah Ayat 119

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (Q.S. At-Taubah: 119)

2. Surat Az-Zumar ayat 33

وَٱلَّذِي جَآءَ بِٱلصِّدۡقِ وَصَدَّقَ بِهِۦٓ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُتَّقُونَ

Artinya: Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa (Q.S. Az-Zumar: 33)

3. Surat Al-Maidah Ayat 8

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S. al-Maidah :8)

No 5

Contoh perilaku yang pernah saya alami atau pun lihat yang berkaitan dengan kejujuran kepada Allah SWT adalah menyaksikan seseorang yang tulus dan ikhlas membantu orang lain tanpa mengharapkan balasan apapun atau menolak diberikan balasan dalam bentuk apapun sebab yang ia harapkan hanya balasan dari Allah SWT.

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan teknik plakat

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari hari Semoga Membantu.